Sabtu, 17 Juli 2010

Menggunakan Marge Cells

Suatu ketika, Anda akan bekerja dan akan menghasilkan suatu karya. Jika Anda perlu menyisip kan data yang terlewat atau menghapus data yang tidak perlu, anda masih bisa menghapus dan menyisipkan sel, kolom, atau baris dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Excel.

1. Menyisipkan sel

Untuk melakukan penyisipan. Lakukan langkah-langkah berikut :

a) Sorot sel atau range tepat data baru yang akan disisipkan.
b) Klik menu insert cells, setelah itu maka akan muncul kotak dialog insert.
c) Pilih alternative penyimpan yang dikehendaki
Shift cells right, digunakan untuk memindahkan data yang disorot di bawah dan menyimpan sel kosong di tempat tersebut
Shift cells down, digunakan untuk memindahkan data yang disorot ke bawah dan menyimpan sel kosong di tempat tersebut
Enter column, digunakan untuk menyimpan kolom kosong di atas kolom yang disorot.
d) setelah memilih metode penyimpan, klik OK.

2. Menghapus sel
Jika terdapat sel, baris, atau kolom yang tidak diperlukan lagi dalam lembar kerja. Anda dapat menghapusnya. Semua itu dapat anda lakukan dengan cara berikut.
a. Sorot sel atau rage tempat sel, baris atau kolom yang dapat dihapus.
b. Klik menu Edit delet atau dengan melakukan klik kanan pada sel yang disorot kemudian, pilih delete maka akan muncul dialog delete.
c. Pada kotak dialog delete, pilih metode penghapusan yang akan dipakai :
Shift cells left, digunakan untuk menghapus seluruh isi sel atau range yang disorot dan menggantinya dengan baris data yang sama yang ada di sebelah kanannya .
Shift cells up, digunakan untuk menghapus seluruh isi sel atau rage yang disorot dan menggantinya dengan kolom yang sama yang ada di sebelah bawahnya,
Entire row, digunakan untuk menghapus seluruh isi sel atau range yang disorot.
Entire column, digunakan untuk menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang disorot.
d. Klik OK.

Gunakan cara pemformatan waktu (hari/tanggal/tahun) seperti contoh; 23 Maret 2008. Dengan catatan, data yang anda input adalah 23/3/2008. Anda dapat menggunakan sembarang waktu untuk menginput.

3. Penggabungan sel
Dua atau lebih sel digunakan menjadi satu sel. Menggabungkan sel biasa di sebut me-marge sel. Garis atau sel garis dapat digabung, misalkan anda memiliki data pada sel tersebut.
Adapun langkah–langkah untuk me-marger adalah sebagai berikut.
a) Blok sel yang di-marger, kemudian klik kanan dan arahkan kursor ke format cells.
b) Setelah klik format cells maka akan muncul kotak dialog berikut.
c) Pilih Allignment, klik marger cells, kemudian OK.

Untuk membuat marger cells, anda juga dapat menggunakan ikon ( ) pada formating toolbar . langkah-langkah me-marger sel dengan menggunakan cara ini adalah sebagai berikut.
a. Sorotlah range baru sel-sel yang akan digabung. Perlu diperhatikan bahwa dalam membuat range hanya satu sel yang berisi suatu teks/data. Kalau ada lebih dari satu sel yang sama-sama berisi maka tidak bisa digabung.
b. Klik ikon Merge and center

Misalkan Anda mengetik pada sel kata ’kategori’ dan anda ingin menggabungkan dengan dua sel yang ada di samping kanan posisi dari kata “kategori” menjadi satu sel.
Lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
• Sorot sel yang akan digabung dengan dua sel di sampingnya.
• Kemudian, klik ikon marge and center ( ) pada formating toolbar.
• Sel ”kategori” bergabung dan dua sel di samping kanannya.

Dapatkah anda melakukannya?
Selain dengan ikon, anda juga dapat menggunakan perintah format cells, yaitu dengan cara sebagai berikut :
• Sorot sel-sel yang akan di gabung (di-marger).
• Klik kanan sel-sel yang di sorot tersebut.
• Klik format cells maka muncul kotak dialog seperti berikut.
• Pilih Allignment.
• Beri tanda cek pada Mager Cells.
• Klik OK.

4. Anda tentu sering membaca buku atau majalah. Pada buku atau majalah kadang kadang ditampilkan tulisan atau (teks) di bagian atas atau bawah dengan ukuran lebih kecil dari teks pada lembar kerja. Tulisan seperti itu berkaitan dengan header atau footer. Header berarti keterangan seperti itu berkaitan dengan di atas bagian dokumen.

Jadi header dan footer adalah sama tetapi letaknya berbeda. Keterangan tersebut dapat berupa teks, nomor halaman, tanggal, waktu dan gambar. Untuk memasukkan header atau footer sama seperti dalam Microsoft Word. Dapatkah anda melakukannya ?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memberi header atau footer :
1. Klik menu file, kemudian klik page setup.
2. Keluar kotak dialog page set up, klik tab header/footer.
3. Untuk memasukkan header baru, klik custom header, untuk memasukan footer baru, klik custom footer. Header atau footer yang anda masukkan akan dimasukkan atau akan ditayangkan secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar